Wednesday, February 29, 2012

Kebiasaan-kebiasaan yg dapat merusak otak

tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan yang selama ini biasa kita lakukan dapat menyebabkan kerusakan terhadap salah satu organ yang paling penting dari manusia, yaitu OTAK.

berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak

1.merokok dan menghirup asap rokok


yah, menghirup asap rokok ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada otak kita, karena meroko dapat menyebabkan mengecilnya ukuran dari otak kita. bukan hanya orang yang merokok saya yang akan merasakan dampak nya tapi orang yang tidak merokok tetapi menghirup asap rokok juga bisa merasakan dampak dan akibatnya.


2. Tidak sarapan

ternyata tidak sarapan juga dapat merusak otak. mengapa bisa demikian???
tentu saja bisa, karena otak dalam melakukan tugasnya ia memerlukan energi, dan energi itu tentu kita dapatkan dari sarapan atau makan bukan. oleh karena itu mulai dari sekarang biasakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum sekolah atau pergi bekerja atau aktifitas lainnya.

3. Kurang tidur

otak kita bekerja selama 24 jam tiada henti. termasuk saat kita sedang tidur.
tetapi disaat tidur otak akan lebih sedikit bekerja, sehingga otak bisa relax. kurang tidur menyebabkan waktu relax yang diterima oleh otak menjadi berkurang yang akan menyebabkan otak semakin lelah untuk bekerja yang akan berakibat buruk kedepannya. manusia paling tidak harus tidur 7-8 jam perhari.

4. Memaksaakan tubuh bekerja saat sakit

Saat keadaan sakit, kondisi tubuh semakin melemah dan jua kinerja otak menjadi berkurang, kalau dipaksakan otak kita bisa menjadi eror, seperti hal nya komputer yang akan error kalau kita memainkan game berat seperti call of duty tetapi dengan ram yang sudah rusak dan prosesor yang terlampau panas.

5. Tidur dengan muka tertutup

saat kita tidur dengan menutup muka, udara yang akan terhirup menjadi berkurang dan karbon dioksida yang kita lepaskan tetap berada di sekitar kita dan oksigen yang berada disekitar kita semakin berkurang, sehingga menyebabkan kita menghirup gas yang sama berulang-ulang kali yang menyebabkan otak kekurangan oksigen dan akhirnya otak menjadi rusak secara perlahan.

Itulah 5 kebiasaan yang biasa dilakukan orang yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak kita.
silahkan tambahkan dengan cara menulis komentar.

from : dailyofwap.blogspot.com

No comments:

Post a Comment